Guest Lecture Sport Tourism

Guest Lecture Sport Tourism

Senin 11 Februari 2019 Politeknik Pariwisata Medan kembali mengadakan Guest Lecture yang kali ini menghadirkan Para Pimpinan Ketua Sekolah Tinggi STP dan Poltekpar yang berada di bawah Kementerian Pariwisata. Pada kesempatan pertama, Ketua Poltekpar Palembang memberi paparan tentang Sport Tourism atau lebih dikenal dengan Pariwisata Olahraga. beberapa tahun belakangan ramai digelar untuk mempromosikan pariwisata berbagai daerah Indonesia. Ragam kompetisi olahraga internasional yang mulai rutin digelar antara lain Ironman di Bintan, Tour de Flores, Tour de Singkarak, hingga lomba selancar dan paralayang. Hampir semua daerah berlomba mengembangkan sport tourism masing-masing.

Sport tourism efektif karena nilai media value atau media branding-nya tinggi. Media value yang didapat minimal bisa dua kali lipat dari direct impact turis yang datang, karena dipromosikan oleh media nasional dan internasional sebelum, sesaat dan sesudah acara.

Sport Tourism mampu menunjukkan potensinya sebagai sesuatu yang menarik, sehingga dapat menciptakan sebuah atraksi wisata yang dapat menjadikan multicultural tourism. Atraksi wisata adalah segala sesuatu yang terdapat di suatu daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang semakin memiliki minat yang lebih besar untuk berkunjung ke suatu DTW.

Sport tourism merupakan perpaduan antara olahraga dan rekreasi (wisata) yang saat ini berkembang pesat dan banyak diminati kalangan wisatawan muda. Wisatawan muda yang datang ke Indonesia antara lain menginginkan petualangan dan tantangan alam dalam sport tourism,. Potensi Indonesia untuk sport tourism sangat besar baik olahraga dirgantara (udara), marine (laut) dan darat seperti mendaki gunung dan menyelusuri sungai atau arung jeram.

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1