Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata

PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER TERAPAN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PARIWISATA

(Tourism Planning and Development – TPD)

Era industi 4.0 berdampak terhadap pariwisata. Banyak peluang kerja yang sebelumnya exist akan menurun bahkan hilang, sementara sejumlah pekerjaan baru akan bermunculan. World Economic Forum (2018) menyampaikan rincian perihal tersebut sebagai berikut:

Industri pariwisata di masa depan lebih banyak membutuhkan SDM yang memiliki kemampuan kerja manajerial berbasis ilmu terapan (applied sciences). Karena itu, program kuliah pada Program Pascasarjana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata ini disiapkan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Mahasiswa dilatih untuk menguasai beragam strategi perencanaan dan pengembangan pariwisata dalam konteks destinasi pariwisata, bisnis hospitaliti, travel serta MICE dan event. Penguasaan bidang perencanaan dan pengembangan bisnis kepariwisataan tersebut diaplikasikan secara adaptif pada model projek, manajemen produk, pemasaran, dan keahlian spesifik yang dipilih untuk dikembangkan saat perkuliahan.

Diharapkan dari Program Pascasarjana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata ini akan lahir pemimpin-pemimpin perusahaan industri pariwisata dan institusi kepariwisataan  yang sejalan dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan KKNI level 8 (Magister Terapan).

Sesuai nomenklatur yang berlaku, sebagai bagian dari pendidikan politeknik, program ini mengusung ilmu terapan dalam perencanaan dan pengembangan pariwisata (applied sciences in tourism planning and development). Pembukaan Program Pascasarjana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata ini telah memperoleh persetujuan dari Direktorat Kelembagaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Profil Calon Lulusan

Lulusan Program Pascasarjana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata (MTrPP) Politeknik Pariwisata Medan disiapkan secara sistematis dan terencana untuk menduduki jabatan strategis dan posisi prestisius sebagai berikut:

  • Konsultan Pariwisata (Tourism Consultant);
  • PEO/PCO (Professional Event Organizer/Professional Conference Organizer)
  • Venue Manager;
  • Event Manager;
  • Penyusun Kebijakan Pariwisata (Tourism Policy Analyst);
  •  Tourism Marketing Consultant;
  • Manager Kawasan Wisata (Tourism Destination Manager);
  • Pemimpin (manajer) perusahaan dalam industri pariwisata;
  • Akademisi dan peneliti ilmu terapan pariwisata;
  • Entrepreneur dan birokrat.

Capaian Pembelajaran (Keterampilan Khusus) Lulusan

Secara umum semua lulusan Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata (MTrPP) memiliki kemampuan mengkaji, menganalisis, mensintesis, merancang, mengimplementasikan, memonitor, mengevaluasi, dan membuat keputusan dalam bisnis pariwisata, khususnya geotourism. Adapun Keterampilan Khusus lulusan adalah sebagai berikut:

  1. Mampu melakukan pendalaman dan perluasan keilmuan pariwisata melalui kajian konseptual dan empirik dengan menggunakan pendekatan multidisiplin dalam area kepariwisataan (hospitalitas, perjalanan wisata, destinasi wisata dan event);
  2. Pada domain perencanaan dan pengembangan kepariwisataan memiliki kemampuan merancang regulasi dan strategi perencanaan dan pengembangan kepariwisataan yang berbasis pada:
  • Evaluasi daya saing kepariwisataan nasional pada berbagai praktik industri kepariwisataan;
  • Evaluasi perilaku pemangku kepentingan kunci dalam proses penyusunan regulasi dan strategi kepariwisataan;
  • Integrasi konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu yang meliputi ekonomi, manajemen, sosial budaya, dan lingkungan;
  • Pembangunan masyarakat, kearifan lokal dan sosial budaya;
  • Perkembangan teknologi termutakhir;
  1. Pada domain inisiasi sebuah bisnis baru di bidang pariwisata pada tingkat strategik suatu unit bisnis, memiliki kemampuan dalam:
  • Merancang model strategis bisnis kepariwisataan berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah dan analisis lingkungan kompetisi regional dan global dan perubahan pada berbagai praktik kepariwisataan;
  • Merumuskan keputusan bisnis strategis dalam rangka meningkatkan kinerja kepariwisataan;
  • Mengembangkan alternatif solusi masalah dalam pengaturan praktik industri kepariwisataan dengan menggunakan analisis strategis yang integratif;
  • Memformulasikan sebuah regulasi untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis kepariwisataan yang berbasis pada potensi dan kearifan lokal serta kondisi ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan;
  • Merumuskan rekomendasi yang sesuai dengan prinsip pariwisata berkelanjutan;
  1. Pada domain pengembangan profesionalisme penyedia jasa pariwisata pada tingkat strategik suatu unit bisnis, memiliki kemampuan:

a. Membangun sumber daya manusia yang meliputi :

  • Sistem pengelolaan: kepemimpinan, kerja sama tim berbasis dinamika tim, dan kemampuan menangani konflik dalam bekerja;
  • Sistem rekrutmen: penempatan, promosi, mutasi, dan pemberhentian pegawai di organisasi pariwisata berbasis pada peraturan ketenagaakerjaan yang berlaku, prinsip efektivitas, efisiensi, dan keadilan;
  • Sistem penilaian kinerja: penetapan lingkup dan target kinerja, strategi, siklus, program, aktivitas dalam pengukuran kinerja, serta mekanisme umpan balik untuk peningkatan kinerja organisasi secara menyeluruh;
  • Sistem pelatihan: penetapan lingkup dan target pelatihan, strategi, siklus, program, aktivitas, serta evaluasi hasil pelatihan pada jangka pendek dan panjang;

b. Membangun strategi pemasaran yang meliputi:

  • Pengembangan bauran pemasaran dari produk dan jasa yang ditawarkan; dan
  • Perumusan alternatif solusi dari permasalahan pemasaran yang dihadapi khususnya dari aspek efektivitas dan praktik-praktik pemasaran yang diberlakukan organisasi.

Sekretariat

Politeknik Pariwisata Medan

Program Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Politeknik Pariwisata Medan

Jalan Rumah Sakit Haji no 12 Medan