Guest Lecture Marine Tourism

Guest Lecture Marine Tourism

Plt Direktur Politeknik Makassar, Bapak Drs. M. Arifin, M/Pd mengenalkan materi Marine Tourism. Marine Tourism atau Wisata Bahari adalah seluruh kegiatan wisata yang berkaitan dengan bahari atau yang aktivitasnya dilakukan di bentang laut dan bentang darat selama melibatkan unsur perjalanan dengan kegiatan yang memanfaatkan potensi alam bahari sebagai Daya Tarik Wisata maupun wadah kegiatannya. Biasanya aktivitas tersebut berkaitan dengan menikmati ekosistem laut yang indah, tetapi sekarang sudah dikemas dengan adanya beberapa event – event yang diselenggarakan di area laut, pantai dan sekitarnya.

Olah raga air, acara yang didukung oleh peralatan modern seperti speedboat, Diving, Snorkling, berselancar dll. Tradisional, acara yang diselenggarakan yang didasarkan pada adat dan budaya masyarakat setempat misalnya pesta nelayan yaitu suatu ritual sebagai bentuksyukur atas berlimpahnya hasil tangkapan ikan. Ekonomi Edukatif, bisa berupa kunjungan ke tempat pelelangan ikan, melihatproses penarikan jaring dari laut oleh nelayan. Kuliner, sebagai suatu tempat yang khas, laut tentu saja menyajikan makananyang bertemakan olahan hasil laut segar hal ini merupakan salah satu daya tarikwisata bahari. Ekowisata Bahari, menyajikan ekosistem alam khas laut berupa hutan mangrove,taman laut serta fauna baik fauna dilaut maupun sekitar pantai.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi memutus keterbatasan manusia sebagai makhluk darat,memberikan akses manusia masuk kedalam dan permukaan laut. Manusia dapat mengeksplorasi “in and on the water” dalam kurun waktu, cara, dan aktivitas tertentu. Karena teknologi pun semakin maju aktifitas wisata bahari pun juga semakin berfareasi dengan berbagai alat yang juga sudah berkembang seperti diving, snorkling, kapal selam hingga wisata cruise ship.

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1