Peningkatan Karir Dosen melalui Sosialisasi PermenRisTekDikTI No 8 Tahun 2018

Peningkatan Karir Dosen melalui Sosialisasi PermenRisTekDikTI No 8 Tahun 2018

Medan – Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Pariwisata bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata Medan menyelenggarkan kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Dosen. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 5 Juli 2019 di Ruang Toba Poltekpar Medan.

Sosialisasi Tata Cara Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional Dosen melalui penyesuaian/inpassing ini didasarkan pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 8 Tahun 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Iwan Riady selaku Wakil Direktur III Poltekpar Medan.

“Karir dosen merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam lingkungan kampus, dan untuk ini diperlukan perhatian yang detail untuk tata cara peningkatan jabatan fungsional ini. Sosialisasi ini merupakan salah satu solusi bagi para dosen dan calon dosen di Poltekpar Medan untuk mendapatkan peraturan dan syarat paling update untuk peningkatan karir kedepan,” jelas Anwari Masatip Direktur Poltekpar Medan.(5/7)

Kegiatan ini diikuti oleh 85 pegawai Poltekpar Medan yang terdiri dari jabatan dosen, staf pengajar dan isntruktur. Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini yaitu Bapak Prof. Syaiful Anwar yang merupakan Guru Besar di Universitas Diponegoro. Dalam pertemuan ini para pegawai diwajibkan membawa laptop untuk di ajarkan juga terkait angka kredit yang harus dipenuhi.

“Setiap pegawai berhak atas jenjang karir yang lebih baik kedepannya. Mereka harus selalu dapat mengupdate informasi yang berkaitan dengan data diri dan aktivitas tridarma perguruan tinggi yang telah dilaksanakan untuk memenuhi angka kredit. Ini akan sinkron dengan aplikasi SISTER yang telah disosialisasikan terlebih dahulu. Hasil kerja para pegawai di upload dan nantinya akan dijadikan penilaian angka kredit secara online“ tambah Ni Wayan Giri Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata.(5/7)

Data dari aplikasi SISTER dapat dipergunakan oleh Perguruan Tinggi untuk pengelolaan SDM. Selain itu peserta juga dapat memahami bahwasanya portofolio yang merupakan inti dari aplikasi SISTER dapat digunakan untuk data DYS Serdos, menghitung Beban Kerja Dosen dan kenaikan pangkat.

“Keberhasilan harus di rencanakan, karir cemerlang tidak akan diperoleh secara praktis. Kita harus tahu memulai darimana dan melakukan apa. Para pegawai yang memiliki jabatan fungsional dosen harus memahami peraturan yang berlaku serta memanfaatkan teknologi secara maksimal. Dengan demikian maka dapat meraih karir yang bagus dan go global melalui teknologi digital,” tambah Arief Yahya Menteri Pariwisata RI. (5/7)

About the author

humas author

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1