Poltekpar Medan menjalin kerja sama dengan STIE Pariwisata Yapari, Bandung

Poltekpar Medan menjalin kerja sama dengan STIE Pariwisata Yapari, Bandung

 

Bandung, 16 Mei 2019 – Jurnal penelitian memiliki peranan yang tinggi bagi sebuah perguruan tinggi khususnya untuk dosen. Jurnal penelitian yang terbit di jurnal internasional dan nasional yang terakreditasi sangat penting guna untuk penyerbaluasan gagasan atau ide keilmuan kepada publik. Bagi dosen, jurnal penelitian berfungsi untuk meningkatkan reputasi ilmiah penulis dan sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat.

“Saat ini kita sudah memiliki jurnal online dan jurnal cetak sebagai media untuk para dosen untuk mengupload penelitiannya agar dapat digunakan untuk khalayak umum dan sedang dalam proses akreditasi. Tuntutan pendidikan saat ini penelitian dosen harus terbit dalam jurnal yang sudah terakreditasi.” papar Anwari Masatip Direktur Politeknik Pariwisata Medan.

Proses akreditasi ini harus melewati tahapan-tahapan yang cukup panjang dan memakan waktu. Sehingga kita harus bekerja sama dengan kampus-kampus yang telah memiliki jurnal terakreditasi agar dosen-dosen kita bisa menterbitkan hasil penelitian mereka dan mendapatkan cum yang baik untuk peningkatan perananan kampus dan syarat kenaikan pangkat dosen, tambahnya.

Politeknik Pariwisata Medan melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Yayasan Pariwisata Indonesia -AKTRIPA pada hari ini 16, Mei 2019 di Bandung. Saat ini kampus STIE Yapari berkonsentrasi pada program studi akomodasi/perhotelan dan Perjalanan Wisata. Kampus ini telah memiliki jurnal pariwisata yang sudah terakreditasi bernama Tourism Scientific Journal yang terbit secara online dan cetak.

“Kami siap dan sangat terbuka untuk membantu Politeknik Pariwisata Medan dalam bidang penelitian. Kita dapat bekerja sama untuk meningkatkan sdm pariwisata. Kita juga akan membantu untuk membagi tips dan trik dalam pembuatan jurnal. Sehingga keilmuwan kita akan saling bertambah dan melengkapi satu sama lain” sahut Bambang Hermanto Ketua STIE – Pariwisata Yapari.

Mekanisme kerja sama yang dapat dilakukan adalah join research antara dosen dengan dosen, dosen dengan dosen disertai oleh mahasiswa, atau mahasiswa dengan mahasiswa. Hal ini akan dibicarakan lebih lanjut nantinya.
Selain itu Politeknik Pariwisata Medan akan mengundang tim peneliti dari STIE Yapari untuk hadir memberikan wawasan tentang pentingnya jurnal penelitian serta akreditasi untuk eksistensi perguruan tinggi.

“Untuk mendapatkan sertifikasi perguruan tinggi secara nasional/internasional, kampus harus memilili 20 judul judul jurnal yang terbit secara nasional dan 40 judul yang terbit secara internasinal serta telah teralreditasi. Ini merupakan salah satu tugas yang harus dipenuhi oleh setiap PTNP pariwisata,” tambah Ni Wayan Giri Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata.

Kita harus melakukan dan mempersiapkan diri dengan baik. Sesuai arahan dari Menteri Pariwisata sebuah keberhasilan harus direncanakan sejak dini. Demikian juga Poltekpar Medan saat ini harus merencanakan dengan baik untuk meningkatkan peranan kampus dan akresditasi jurnal, tambahnya.

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1