Poltekpar Medan Cegah Penyebaran Wabah Corona dengan Rapid Test

Poltekpar Medan Cegah Penyebaran Wabah Corona dengan Rapid Test

Medan, 7 Mei 2020 – Poltekpar Medan terus melakukan berbagai upaya pencegahahan menyebarnya Wabah Covid 19 khususnya untuk kalangan internal kampus. Setelah seluruh pegawai menjalankan tugas dari rumah (wfh), mahasiswa belajar secara daring dan peningkatan imun tubuh melalui suntik vit c, hari ini Poltekpar Medan melakukan Rapid Test untuk seluruh pegawai.

“Tujuan Rapid Test ini adalah agar kita dapat mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus COVID-19 tidak semakin bertambah, kata Anwari Masatip Direktur Politeknik Pariwisata Medan. (7/5)

“Sebanyak 167 pegawai mengikuti Rapid test dan semua nya negatif. Rapid test dilakukan sesuai dengan protokol Covid 19 yang sudah di tetapkan. Didukung oleh Dokter dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara serta Dokter dari Rumah Sakit Haji yang memakai apd lengkap serta tetap menjaga jarak satu sama lain. Setiap peserta juga wajib menggunakan masker, tambahnya.(7/5)

Rapid test sendiri adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Prosedur pemeriksaan rapid test dimulai dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibodi akan diteteskan di tempat yang sama. Hasilnya akan berupa garis yang muncul 10–15 menit setelahnya.

Hasil positif pada rapid test menandakan bahwa orang yang diperiksa pernah terinfeksi virus Corona. Dan harus melakukan isolasi mandiri serta melakukan swab test selanjutnya.

Seluruh Civitas Akademika Poltekpar Medan berkomitmen untuk selalu mendukung pemerintah dalam pencegahan wabah Corona 19. Poltekpar Medan beberapa waktu yang lalu juga melakukan Gerakan Masker Gratis dimana ada 1500 masker yang dibagi secara gratis di beberapa titik di kota Medan. Himbauan untuk tetap di rumah dan tetap menjaga solidaritas selalu di lakukan. Bersama pasti kita bisa lawan corona. *

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1