Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf

Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf

Seiring peningkatan dan pengembangan pariwisata di Indonesia ke depan, peran sumber daya manusia pariwisata menjadi sangat strategis untuk dipersiapkan dan dikembangkan secara profesional baik dari sisi kualitas dan kwantitas. Dalam kerangka integrasi perguruan tinggi pariwisata negeri di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dilakukan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pariwisata (SBM PTNP) untuk merekrut calon mahasiswa dalam bidang pendidikan pariwisata. Proses seleksi SBMPTNP ini menganut prinsip keterbukaan, objektivitas dan akuntabel, yang bermuara pada semangat untuk menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter.

6 perguruan tinggi pariwisata antara lain Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Politeknik Pariwisata Bali, Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Makasar, Politeknik Pariwisata Palembang dan Politeknik Pariwisata Lombok.

“Pendidikan pariwisata merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan kepariwisataan di Indonesia, dimana keberhasilan sektor ini akan mampu melahirkan generasi-generasi yang kompeten di bidang pariwisata. Keterbatasan SDM pariwisata di Indonesia menjadi masalah yang dihadapi bersama oleh berbagai daerah di Indonesia, “ kata Anwari Masatip Direktur Politeknik Pariwisata Medan.

Saat ini penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Pariwisata Negeri (PTNP) dilakukan melalui 2 (dua) jalur, yaitu jalur SBMPTNP (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata) dan jalur SMMPTNP (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata).

SBMPTNP akan memberikan kemudahan kepada para calon mahasiswa untuk mengikuti sleksi di kota terdekat dengan 6 PTNP dan bebas memilih PTNP yang mereka sukai. Hal ini juga akan memberikan penghematan biaya dan efisiensi waktu serta emberikan kesempatan kepada calon siswa untuk mendaftar secara mudah dan efektif untuk mengikuti Pendidikan Tinggi Pariwisata Negeri.

Program SBMPTNP yang dapat di akses melalui www.sbmptnp.kemenparekraf.go.id akan memberikan kesempatan kepada siswa lulusan Sekolah SMA, MA, SMK, MAK termasuk sekolah di luar negeri untuk mengikuti Pendidikan Tinggi Pariwisata. Disamping itu juga memberikan peluang kepada Perguruan Tinggi Pariwisata dilingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi. Program SBMPTNP telah diresmikan di Politeknik Makasar pada tanggal 10 Maret 2020.

Berbeda dengan seleksi mandiri, wewenang penuh berada di PTNP masing-masing dan bagi para peminat harus mengikuti ujian sesuai dengan lokasi politeknik yang dipilih. Pendaftaran juga dilakukan secara online melalui www.pmb.poltekparmedan.ac.id untuk mengikuti perkembangan zaman yang saat ini serba digital.

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1