Poltekpar Medan Laksanakan Jiwa Korsa untuk Tingkatkan Solidaritas dan Kebersamaan

Poltekpar Medan Laksanakan Jiwa Korsa untuk Tingkatkan Solidaritas dan Kebersamaan

Jiwa korsa merupakan sebuah rasa hormat, kesetiaan, kesadaran, dan semangat kebersamaan terhadap sesuatu, yang sering ditunjukan kepada negara, korps, atau perkumpulan. Jiwa korsa ini juga dapat diartikan rasa senasib sepenanggungan, perasaan solidaritas, semangat persatuan dan kesatuan terhadap suatu korps sehingga faktor-faktor jiwa korsa ini meliputi rasa hormat, kesetiaan, kesadaran, dan tidak mementingkan diri sendiri maupun golongan.

“Tahun yang baru harus kita awali dengan kegiatan yang membangun rasa kebersamaan dan peduli satu sama lain, tahun baru berarti kita mengawali dengan hal yang baik, mengkoreksi kekurangan pad atahun yang lalu dan berkomitmen untuk menjadi lebih baik lagi”, kata Anwari Direktur Politkenik Pariwisata Medan.

Jiwa Korsa dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2020 yang lalu di Jawa Timur, pemilihan Jawa Timur karena Bromo Tengger Simeru merupakan salah satu kawasan wisata yang eksotis dan destinasi wisata yang baik pengelolaannya. Selain tujuan berwisata kita dapat mempelajari bangaiman pengelolaan, aksesibilitas, akomodasi serta amenitas yang ada.

Dalam jiwa korsa terkandung inisiatif, tanggung jawab, loyalitas, dan dedikasi untuk suatu hal yang mulia, seperti halnya dalam mempertahankan negara, prinsip yang benar, maupun hal-hal lain yang bersifat kebajikan dan kebaikan menolong dengan tetap mengedepankan rasa kebersamaandan kewajaran, serta tidak menjurus ke chauvinisme atau fanatisme berlebihan terhadap sesuatu sehingga tidak bisa membedakan baik-buruk tapi kita harus melihat sisi kebersamaan demi kebaikan
“Jiwa korsa penting dalam lingkungan organisasi, karena jiwa korsa yang baik akan menciptakan disiplin ketertiban, moril dan motivasi. Melalui kegiatan ini saya berharap akan meningkatkan ketrampilan profesi masing-masing anggota sehingga mereka merasa malu apabila tidak mampu melaksanakan peran dan ketugasannya dengan baik’”kata Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenparekraf /Baparekraf Ni Wayan Giri.

 

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1