Mahasiswa Poltekpar Medan Membuat Event MICE Sebagai Project Akhir

Mahasiswa Poltekpar Medan Membuat Event MICE Sebagai Project Akhir

MICE merupakan salah satu matakuliah yang berikan kepada mahasiswa Poltekpar Medan. MICE merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi dalam bidang pariwisata. MICE merupakan singkatan dari Meeting (pertemuan), Incentive (bonus), Convention (pertemuan), Exhibition (pameran) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen dalam bidang jasa. MICE sendiri merupakan perpaduan antara perjalanan wisata dengan rangkaian kegiatan bisnis yang dilakukan oleh sekelompok orang. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendapatkan konsep baru tentang pelayanan kepada konsumen serta pemecahan masalah yang sering mereka alami dalam perjalanan usaha. Dengan kegiatan ini, diharapkan semua anggota MICE dapat melayani konsumen lebih baik lagi yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan.

“Saat ini MICE merupakan salah satu bidang pekerjaan yang sangat diminati oleh kaum milenial, melalui MICE mereka dapat mengekspresikan diri dengan merealisasikan ide-ide kreatif yang mereka miliki. Di kampus kita memberikan pengetahuan MICE dan melatih mahasiswa untuk membentuk sebuah event. Dimulai dengan event-event kecil diharapkan mahasiswa dapat berlatih dan kemudian mampu menghasilkan sebuah event yang besar nantinya”, kata Anwari Masatip Direktur Politeknik Pariwisata Medan.

Realisasi dari proses belajar MICE adalah mahasiswa harus membuat event di lingkungan kampus. Tem ayang diberikan adalah bebas dan mahasiswa mengatur keseluruhan kegiatan, mulai dari perencanaan, pendanaan, jenis kegiatan, pembicara dan pencarian sponshorsip. Ada 2 project MICE yang telah direalisasikan oleh mahasiswa yaitu Seminar Mental Wellness dengan mengundang pembicara Ibu Novarini M.Psi, Psikolog dan Colourful Tourism Event 2019 dengan mengundang Duta Pariwisata Deli Serdang dan Genpi Sumut sebagai pembicara. Mahasiswa Manajemen Divisi Kamar membuat kegiatan sedemikian rupa sehingga tdiak membosankan bukan hanya sekedar seminar tetapi dalam kegiatan. Colourful Tourism Event 2019 memadukan seminar dengan kegiatan kompetisi fashion show dan game mobile legend. Kegiatan MICE mahasiswa berada dalam pendampingan Ibu Femmy Dalimunthe sebagai dosen pengajar juga selaku Wakil Direktur I Poltekpar Medan. Pelaksanaan di kampus Poltekpar Medan dengan memanfaatkan hotel praktik.

“Sebuah event yang baik harus memiliki beberapa unsur: creativity, storytelling, experience dan penguatan digital dalam operasionalnya. Challenge utama yang dihadapi oleh PCO atau event professional biasanya menyangkut bagaimana mencari solusi atas prediksi hambatan yang akan muncul. Melatih mahasiswa membuat event merupakan langkah yang tepat, setidaknya mereka sudah memiliki pengalaman untuk mengorganisisr rencana dan mengatashi hambatan yang ada” kata Deputi Bidang Industri dan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata.

Event yang menarik adalah event yang berisi ide-ide dan kegiatan kreatif. Kreatifitas sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah event, kita tidak harus menjadi seorang yang spesial untuk menjadi kreatif, tetapi kreatif itu merupakan sebuah proses. Diperlukan melakukan banyak hal dan tekun. Event yang dibuat harus dapat menarik panca indra manusia (mata, telinga, hidung, kulit, lidah) sehingga memberikan pengalaman yang berbeda dan akhirnya memiliki antusias untuk tetap mengikutinya.

About the author

humas author

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1