Mahasiswa Poltekpar Medan Dibekali Pengetahuan Dunia Kerja sebelum PKN Periode Januari-Juli 2020

Mahasiswa Poltekpar Medan Dibekali Pengetahuan Dunia Kerja sebelum PKN Periode Januari-Juli 2020

Pembekalan Praktek Kerja Nyata (PKN) merupakan kegiatan wajib yang selalu diselenggarakan oleh Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan dengan tujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan Knowledge, Skill & Attitude. Periode PKN berikutnya akan dilaksanakan pada Bulan Januari- Juli tahun 2020. Persiapan sudah dilaksanakan sejak bulan Juli 2019, meliputi telusur tempat PKN, proses wawancara dan kemudian prosaes penyiapan berkas yang dibutuhkan.

“Melalui pembekalan PKN diharapkan mahasiswa dapat mengatasi culture shock yang akan dialami. Dunia perkuliahan dan dunia kerja akan sangat jauh berbeda. Mahasiswa akan mendapatkan tantangan pekerjaan dan suasana tinggal yang berbeda, “ kata Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip.

PKN merupakan program yang wajib dijalani oleh setiap mahasiswa. Program ini sebagai bentuk realisasi pembelajaran dan praktik kerja langsung di sebuah industry pariwisata atau kantor pemerintah yang bergerak dalam sektor pariwisata.

Pada pembekalan yang pertama Unit PKN Poltekpar medan mengundang Ibu Lina, HRM Grand Aston City Hall Medan. Dalam acara ini beliau menjelaskan tentang bagaimana perekrutan dari para pegawai sampai dengan training yang diberikan sebelum mereka siap untuk bekerja di lapangan. Mahasiswa terlihat antusias dalam acara ini dan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar training yang akan mereka hadapi nantinya. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari jurusan, Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Tata Boga, Manajemen Tata Hidang, Manajemen Patiseri dan Pengelolaan Perhotelan.

Deputi Bidang Pengembangan Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ni Wayan Giri Adnyani menyambut positif hal ini. Menurutnya, sudah benar mahasiswa harus dibekali dengan pengetahuan knowledge, skill dan attitude sebelum pelaksanaan PKN. Karena mahasiswa adalah cerminan hasil dari kampus Poltekpar Medan.

Ibu Tri Astina Ginting dari industri perjalanan wisata memberikan pembeklan untuk mahasiswa Manajemen Usaha Perjalanan. Dan hari ke tiga Bapak Muhammad Tata Ridwanullah dari Badan otorita Danau Toba hadir memberikan pembekalan untuk mahasiswa Manajemen Pemasaran dan Perencanaan Pariwisata. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 25 – 27 November 2019 di Kampus Politeknik Pariwisata Medan.

About the author

humas author

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1