Poltekpar Medan laksanakan Sosialisasi Satuan Pengawas Internal dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Poltekpar Medan laksanakan Sosialisasi Satuan Pengawas Internal dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Poltekpar Medan melalui unit Satuan Pengawas Internal (SPI) melakukan sosialisasi pada tanggal 26 November 2019 di Ruang Toba. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang fungsi unit satuan pengawasan internal di lingkungan Politeknik Pariwisata Medan. Satuan Pengawas Internal yang selanjutnya disingkat SPI adalah unsur pengawas yang menjalankan fungsi pengawasan non akademik untuk dan atas nama Direktur Poltekpar Medan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada seluruh manajemen Politeknik Pariwisata Medan dalam mengambil keputusan ataupun langkah yang tepat terkait pelaksanaan kegiatan,” kata Anawari Masatip DirektuR Politeknik Pariwisata Medan dalam sambutannya saat acara pembukaan.

“Seluruh pegawai pada level manajemen diharapkan akan memahami proses pengelolaan kegiatan di kampus. Hal ini akan memuinculkan rasa tanggung jawab bersama untuk kemajuan dan keberlanjutan kegiatan kampus,”tambahnya.

Secara sistem, SPI adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan (PP 60/2008, Bab I Ps. 1 butir 1) dan SPIP adalah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (PP 60/2008, Bab I Ps. 1 butir 2).

Bapak Muslich dari bagian Inspektorat Kemenparekraf/Baparekraf hadir menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Beliau memberikan pengetahuan dan penjelasana tentang apa dan bagaimana tugas dari SPI di Poltekpar Medan.

“Pengawasan internal meliputi monitoring dan Evaluasi, pemeriksaan atau audit, dan reviu atas penyelenggaraan kegiatan Poltekpar juga di lingkungan Poltekpar merupakan hal yang sangat penting, terutama bidang non akademik,” kata Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenparekraf/baparekraf Ni Wayan Giri.
“Dengan demikian dapat dipastikan seluruh kegiatan yang dilakukan dapat memberikan dampak yang baik untuk kampus,”tambahnya.

Hadirnya SPI & SPIP di Poltekpar Medan akan membantu dalam menjaga integritas dan obyektivitas serta memastikan unsur-unsur manajemen Politeknik Pariwisata Medan akan bertindak secara profesional seperti halnya di syaratkan dalam standar profesi audit internal, serta menjamin tidak terdapat benturan kepentingan auditor anggota SPI dengan auditan.

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1