Poltekpar Medan Jalin Kerja Sama dengan Kabupaten Tapanuli Utara untuk Peningkatan SDM Pariwisata

Poltekpar Medan Jalin Kerja Sama dengan Kabupaten Tapanuli Utara untuk Peningkatan SDM Pariwisata

Poltekpar Medan berkomitmen untuk mendukung pembangunan destinasi super Prioritas Danau Toba melalui realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Kawasan destinasi prioritas ini terdiri dari 8 kabupaten yang masing-masing memiliki keunikan. Hal ini menjadi daya tarik pariwisatanya.

“Dukungan institusi pendidikan pariwisata merupakan hal yang penting saat ini, mengingat pemerintah telah menjadikan pariwisata menjadi sumber devisa negara,” kata Anwari Masatip Direktur Politeknik Pariwisata Medan.

“Dukungan yang sudah kita realisasikan saat ini adalah dengan memfokuskan pengabdian masyarakat dan penelitian ke kabupaten terkait serta memberikan bantuan belajar untuk para putra putri daerah,”tambahnya.

Poltekpar Medan telah mencapai kesepakatan dengan Kabupaten Tapanuli Utara pada hari ini melalui pertemuan di Medan. Kedua belah pihak saling memberikan masukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pihak.

“Kami menyambut baik kesepakatan ini. Kami juga akan komitmen untuk bersama-sama memajukan pariwisata Danau Toba khususnya daerah Tapanuli Utara,” sambut Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si.

“Tapanuli Utara saat ini telah memiliki aksesibilats yang memadai dan destinasi wisata yang unik. Seperti Salib Kasih, Pemandian Air Soda yang hanya ada 2 di dunia serta pemandian Air Panas Sipaholon. Masih banyak potensi lain yang masih dalam tahap penelusuran dan pengembangan,” tambahnya.

Dalam pertemuan ini Kadis Pariwisata Tapanuli Utara Binhot Aritonang S.Sos didampingi oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Benny Simanjuntak S.Sos M.Si. turut menyampaikan harapan kepada Polktekpar Medan agar tidak hanya memberikan bantuan belajar tetapi juga bersedia untuk melakukan pendampingan desa wisata dan terlibat dalam event pariwisata di Tapanuli Utara.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Pariwisata Ni Wayan Giri menyambut dengan baik pertemuan hari ini. “Poltekpar Medan adalah kampus yang paling dekat dengan Danau Toba. Kampus ini harus mampu memenuhi kebutuhan sdm pariwisatanya. Poltekpar Medan tidak bisa menjalankan tugas dengan baik bila tidak didukung oleh stakeholder pariwisata lainnya termasuk didalamnya Dinas Pariwisata terkait. Saya berharap kerjasama dengan Kabupaten tapanuli Utara dapat berjalan dengan baik,” sahutnya.

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1