Tunjukkan Kompetensi, Mahasiswa Poltekpar Medan raih kesempatan menjadi perwakilan Seleksi Nasional ASC XIII

Tunjukkan Kompetensi, Mahasiswa Poltekpar Medan raih kesempatan menjadi perwakilan Seleksi Nasional ASC XIII

Mahasiswa Poltekpar Medan akan menjadi perwakilan Sumatera Utara dalam seleksi nasional  Asean Skill Competition (ASC) ke XIII yang akan diselenggarakan apda tanggal 25  s.d 30 Juli tahun 2010 di Singapura.

Hal ini berdasarkan dari hasil seleksi daerah nasional yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Juni 2019 di SMK Negeri 8 Kota Medan. Kegiatan Seleksi dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang dibuka pada tanggal 18 Juni 2019 yang lalu.

Direktur Poltekpar Medan  Anwari Masatip mengatakan ,” Kami akan mendukung dan memfasilitasi dengan maksimal para mahasiswa kami dalam kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas pembelajaran mereka tetutama hal yang terkait dengan pariwisata. Saya Bangga, mahasiswa kami dapat menang dan hadir mewakili Provinsi Sumatera Utara dalam Asean Skill Competition.”(21/6)

Pada ASC XII di Bangkok, Thailand tahun 2018, Indonesia berhasil meraih juara ke II, dengan perolehan 14 medali emas, 7 medali perak, 9 medali perunggu dan 7 medallion of excellence. Prestasi Indonesia di ajang ASC harus semakin ditingkatkan oleh sebab itu seleksi saat ini dilakukan dengan langkah dan tahapan persiapan yang matang dan berkualitas antara lain melalui proses seleksi daerah yang diikuti oleh para mahasiswa sekarang ini.

Politeknik Pariwisata Medan mengikutsertakan 10 mahasiswa untuk mengikuti lomba cooking dan restaurant service. Dalam lomba ini mereka harus mampu mengaplikasika pengetahuan dan kemampuan mereka serta menunjukkan tingkah laku yang sopan.

Mahasiswa jurusan Manajemen Tata Boga Ferdinand memperoleh juara 1 dan Farrel memperoleh juara 3 dalam bidang cooking. Sedangkan Ismail mahasiswa Manajemen tata hidang meraih juara 2 dan Aditya mahasiswa Pengelolaan Perhotelan meraih juara ke 3.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Ni Wayan Giri mengapresiasi kemenangan para mahasiswa dalam kontes ini. “Para mahasiswa telah membuktikan usaha keras mereka belajar dalam bidang pariwisata melalui kemenangan dalam kontes ini. Saya bangga dan turut senang. (21/6)

Syarat yang harus dipenuhi dalam seleksi daerah ini  adalah para peserta harus berkualitas, memiliki pendidikan dalam bidang lomba yang akan diikuti. Para pemenang akan menjadi perwakilan daerah pada tingkat nasional dan mewakili Negara pada tingkat ASEAN.

“ASC adalah salah satu ajang para mahasiswa untuk ikut serta dan berkontribusi dalam bentuk menyiapkan produk dengan kemampuan skill dalam bidang masak dan layanan dalam bidang tata hidang. Kegiatan ini juga akan membawa nama baik Indonesia serta nama kampus Politeknik Pariwisata Medan dalam kancah internasional” , sahut Menteri Pariwisata Arief Yahya.(21/6)

About the author

humas author

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1