Tenaga Pengajar Poltekpar Medan Go Digital melalui Aplikasi SISTER

Tenaga Pengajar Poltekpar Medan Go Digital melalui Aplikasi SISTER

Politeknik Pariwisata Medan menyelenggarkan kegiatan Sosialisasi Peraturan Penilaian Jabatan Akademik/Pangkat Dosen dan Angka Kredit (PAK) serta Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) pada tanggal 27 Mei 2019 di Ruang Rapat Toba. Kegiatan ini berlangsung atas dukungan kerja sama dengan Deputi Bidangn pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Femmy Dalimunthe selaku Wakil Direktur I Poltekpar Medan.

“Kami akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi SISTER ini. Semua dosen, staf pengajar dan instruktur akan lebih mudah untuk mengetahui berita-berita terbaru dalam bidang pendidikan termasuk didalamnya jenjang karir dan tingkat kepangkatan”, ujar Anwari Masatip Direktur Politeknik Pariwisata Medan.

Kegiatan ini diikuti oleh 86 pegawai Poltekpar Medan yang terdiri dari jabatan dosen, staf pengajar dan isntruktur. Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini yaitu Bapak Bpk Muhammad Komarudin, S.T, M.T dan Bpk Tomy Pratama Zuhelmi dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek DIKTI). Mereka memaparkan dan membimbing peserta dalam penggunaan aplikasi. Setiap individu memiliki akun dan dapat mengakses langsung ke Kemenristek DIKTI.

“Melalui aplikasi ini setiap individu dapat selalu mengupdate informasi yang berkaitan dengan data diri dan aktivitas tridarma perguruan tinggi yang telah dilaksanakan secara mandiri, kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet. Hal ini merupakan salah satu realisasi Go digital yang selalu di gaungkan oleh Menteri Pariwisata.“ tambah Ni Wayan Giri Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata.

SISTER sendiri merupakan sebuah webiste yang menghimpun data dosen perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang dikembangkan oleh Kemenristekdikti RI. SISTER ini bertujuan untuk meningkatkan karier dosen, meningkatkan mutu dosen dan merekam setiap aktivitas dosen dalam menjalankan Tridharma.

“Karena go digital itu sebuah keniscayaan, cepat atau lambat akan terjadi dan kita harus siap memasuki era creative industry dengan segala ragam problematikanya. Saat ini kampus Poltekpar medan sudah harus siap untuk Go Digital. Mengupdate berbagai informasi mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung ke dalam aplikasi digital. Dengan demikian data-data tersebut dapat terarsip dengan baik, sehingga saat diperlukan mereka tidak kesulitan dalam menemukannya,karena sudah tersimpan dalam aplikasi SISTER,’ tambah Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Para peserta sangat antusias untuk memperbaharui data pada aplikasi SISTER. Peserta yang hadir menjadi terbuka wawasannya tentang sistem SISTER. Data dari aplikasi SISTER dapat dipergunakan oleh Perguruan Tinggi untuk pengelolaan SDM. Selain itu peserta juga dapat memahami bahwasanya portofolio yang merupakan inti dari aplikasi SISTER dapat digunakan untuk data DYS Serdos, menghitung Beban Kerja Dosen dan kenaikan pangkat.

About the author

humas author

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1