Mahasiswa Poltekpar Medan Dibekali Pengetahuan Pembekalan Knowledge, Skill & Attitude Sebelum PKN

Mahasiswa Poltekpar Medan Dibekali Pengetahuan Pembekalan Knowledge, Skill & Attitude Sebelum PKN

MEDAN 28 Mei 2019 – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan melakukan kegiatan pembekalan Pengetahuan Pembekalan Knowledge, Skill & Attitude untuk mahasiswa yang akan melakukan Praktek Kerja Nyata (PKN). Pembekalan PKN digelar di Ruang Rapat Toba Poltekpar Medan, mulai tanggal 27-29 Mei 2019. PKN akan diikuti 135 mahasiswa dari Prodi Pengelolaan Perhotelan, Manajemen Usaha Perjalanan, dan Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata.

PKN merupakan program yang wajib dijalani oleh setiap mahasiswa. Program ini sebagai bentuk realisasi pembelajaran dan praktik kerja langsung di sebuah perusahaan perhotelan maupun travel. Pembekalan PKN adalah agenda wajib yang harus dilaksanakan sebelum pelepasan mahasiswa PKN dilaksanakan.

“Melalui pembekalan PKN mahasiswa diharapkan memperoleh gambaran tentang dunia kerja., karena mereka akan bekerja dalam proses pelaksanaan PKN. Melalui pembekalan ini mereka diharapkan dapat mengatasi culture shock yang akan dialami nanti karena sangat berbeda suasana saat kuliah dan saat pelaksanaan PKN,” ujar Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip, Selasa (28/5).

Pada pembekalan yang pertama Unit PKN Poltekpar medan mengundang Ibu Florentina Siallagan yang menjabat sebagai HR & Training Manager Hotel JW Marriott Medan. Dalam acara ini beliau menjelaskan tentang bagaimana perekrutan dari para pegawai sampai dengan training yang diberikan sebelum mereka siap untuk bekerja di lapangan. Mahasiswa terlihat antusias dalam acara ini dan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar training yang akan mereka hadapi nantinya. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari jurusan Pengelolaan perhotelan.

Deputi Bidang Pengembangan Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ni Wayan Giri Adnyani menyambut positif hal ini. Menurutnya, sudah benar mahasiswa harus dibekali dengan pengetahuan knowledge, skill dan attitude sebelum pelaksanaan PKN. Karena mahasiswa adalah cerminan hasil dari kampus Poltekpar Medan.

Pembekalan Hari kedua Unit PKN Poltekpar Medan mengundang Ibu Maike Ritonga selaku Kepala Bidang Bina Obyek Usaha Pariwisata dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara yang akan memberikan penjelasan tentang perencanaan dan pemasaran destinasi wisata dan akan diikuti oleh mahasiswa Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata.

“Sebuah keberhasilan harus direncanakan, untuk membuat mahasiswa sukses dalam kegiatan apapun termasuk PKN ini mereka harus dibekali terlebih dahulu dengan pengetahuan skill, knowledge dan attitude. Mereka adalah hasil didikan Poltekpar Medan yang nantinya akan menentukan pendidikan yang didapat selama ini baik atau tidak. Langkah yang dilakukan Poltekpar Medan sudah tepat didukung juga dengan pembekalan BPJS sebelumnya yang merupakan perwujudan dari “Great Spirit” yang selama ini digaungkan, sahut Menteri Pariwisata Arief Yahya.(28/5)

Pembekalan hari ketiga akan mengundang Bapak M. Metto yang meruopakan Branch Manager Pacto Tours yang akan memberikan pengetahuan tentang dunia kerja dalam bidang travel and tour yang akan diikuti oleh mahasiswa jurusan Manajemen Usaha Perjalanan. Adapun rencana pelepasan mahasiswa PKN nanti akan dilaksanakan apda tanggal 31 MeI 2019.

About the author

humas author

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1