Digitalisasi Data Kepegawaian melalui Penggunaan Aplikasi Sitem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG)

Digitalisasi Data Kepegawaian melalui Penggunaan Aplikasi Sitem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG)


Medan, 10 Mei 2019 – Poltekpar Medan melaksanakan Workshop Penggunaan Aplikasi Sitem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada tanggal 10 Mei 2019 di Ruang Toba Poltekpar Medan.  Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian merupakan suatu sistem informasi manajemen yang berfungsi untuk mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian sebuah instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaaan. SIM Kepegawaian menjadi solusi tepat bagi sebuah instansi, perusahaaan ataupun perguruan tinggi dalam mengatasi masalah manajemen kepegawaian.

“Sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan fungsi dan tugas suatu instansi, ataupun perguruan tinggi. Fungsi esensial manajemen sumber daya manusia adalah memastikan agar organisasi dapat mencapai tujuan-tujuan strategisnya dengan memiliki sumber daya manusia yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan instansi secara kuantitas maupun kualitas”, kata Anwari Masatip Direktur Politeknik Pariwisata Medan.

Pengelolaan aspek manajemen sumber daya manusia dalam sebuah instansi harus dikelola dan dilaksanakan dengan optimal, dan saat ini pengelolaan yang dilakukan secara konvensional sudah tidak efektif dan efisien. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kementerian Pariwisata sedang mengembangkan suatu Sistem informasi manajemen kepegawaian.

Dalam Workshop ini hadir Kepala Sub Bagian Administrasi Kepegawaian dan Jabatan Fungsional Ibu Rahma Rosi sebagai narasumber. Beliau menyampaikan tentang Penggunaan Aplikasi Sitem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Kementerian Pariwisata. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil Poltekpar Medan. Setiap pegawai di tuntut untuk melengkapi berkas dan data yang diperlukan.

“SIMPEG ini akan dijadikan dasar untuk pembayaran tunjangan kinerja dan untuk pertimbangan kenaikan jabatan seorang pegawai. Tidak hanya melengkapi berkas data kepegawaian, semua pegawai juga harus menlengkapi kinerja selama menjadi pegawai dalam aplikasi ini. Dengan demikian kinerja para pegawai dapat lebih diperhatikan. Sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata Arief Yahya kita harus menyesuaikan diri dengan era 4.0 saat ini dimana semua data telah tersedia secara digital.” Kata Ni Wayan Giri Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kepariwisataan.

Tujuan Implementasi SIM Kepegawaian adalah dapat terwujudnya suatu sistem informasi manajemen yang berintegrasi dalam suatu jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang bermutu untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi. Kegiatan ini juga mendukung proses bisnis serta kelangsungan sebuah instansi, perusahaan, ataupun perguruan tinggi. Oleh karena itu, komitmen sebuah instansi untuk menjalankan Sistem Informasi Manajemen haruslah sangat tinggi agar proses yang terjadi dilantai produksi menjadi menguntungkan bagi pengguna.

About the author

humas author

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1