Audit Eksternal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Audit Eksternal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Poltekpar medan laksanakan Auidit Eksternal ISO

Medan 24 April 2019 – Untuk bersaing diskala nasional dan internasional perguruan tinggi negeri pariwisata (PTNP) harus menjaga standar kualitas pelayanan dan pendidikan.

“Perbaikan yang diperlukan PTNP Kemenpar harus sesuai dengan standar internasional agar dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi asing untuk segi kualitas dan lainnya.” ungkap Menteri Pariwisata.(24/4)

Beberapa peraturan pemerintah menyatakan untuk mewujudkan misi pendidikan nasional harus mengutamakan mutu, efisiensi dan relevansi dalam pendidikan, tambahnya.

Sistem akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional adalah salah satu lembaga untuk pengukuran sumber daya dan isi. Untuk pengukuran lebih dalam lagi kita membutuhkan sertifikasi pihak ke tiga.

“Dalam memperbaiki mutu suatu PTNP tidak cukup hanya diukur dari hasil prosesnya saja, tetapi melalui tahapan proses yang menjadi hal penting untuk dijadikan evaluasi dan perbaikan. Salah satu standar internasional yang mengutamakan penilaian terhadap proses yaitu Sistem Manajemen Mutu ISO 9001”, sahut Anwari Direktur Politeknik Pariwisata Medan (24/4)

Poltekpar Medan diaudit oleh Tim dari Tuv Rheinland pada tanggal 23 – 24 April 2019. Tujuan utama adalah agar PTNP Poltekpar Medan tetap mendapatkan sertifikasi ISO untuk menjamin mutu pelayanan dan pendidikan yang diberikan.

Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Poltekpar Medan akan memberikan proses layanan yang prima, baik dari segi akademik maupun administrasi.

“Fungsi ISO untuk memastikan prosedur pelayanan yang ada di Poltekpar Medan sudah baku sehingga dalam melaksanakan programnya sudah jelas. Penerapan ISO di perguruan tinggi ini juga untuk menjamin kepuasan mahasiswa, dosen, karyawan, serta semua pihak yang terlibat,” dukungan penuh diberikan oleh Ni Wayan Giri Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar.

PTNP dengan sertifikasi ISO 9001, dimulau dengan menetapkan sistem mutu yang akan diterapkan dan tentunya sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, misalkan untuk menghasilkan lulusan terbaik dengan waktu studi cepat dan nilai yang memuaskan.

Untuk memperoleh ISO 9001 Poltekpar Medan   melewati beberapa tahapan yang sudah diatur dalam ketentuan. Salah satunya kita menyiapkan komitmen dari seluruh manajemen. Komitmen dari semua elemen untuk selalu ada dalam lingkup sistem mutu terpadu dengan melakukan fungsi manajemen (Planing, Doing, Checking, Reviewing) dan sungguh-sungguh dalam mengelola sumber daya meliputi 7M (Man, Money, Material, Methods, Machine, Market dan Minute) sehingga tujuan dapat tercapai

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1