Launching Calendar of Event Danau Toba 2019

Launching Calendar of Event Danau Toba 2019

Jakarta, 25 Februari  2019—Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo meluncurkan Calender of Event Danau Toba 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin malam (25/2/2019). Peluncuran Calender of Event Danau Toba 2019 mengangkat tema ‘Celebrating Nature in Art’  dengan menampilkan 17 _events_, 2 _events_ di antaranya masuk dalam _100 Events Wonderful Indonesia_, kali ini sebagai upaya menggencarkan promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba  yang tahun lalu dikunjungi 231.465 wisatawan mancanegara (wisman).

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menjelaskan, tujuan acara  _launching Calender of Event_ (CoE) Danau Toba 2019 untuk meningkatkan _awareness_ wisatawan nasional, regional dan internasional terhadap destinasi Danau Toba sekaligus sebagai upaya mempersiapkan Danau Toba, yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas, dalam menyambut kedatangan 1.000.000 wisman sebagai target tahun ini. “Sebanyak 17 _event_ dalan CoE ada yang berskala nasional dan internasional di antaranya  3 _event_ sebagai _Top-3 event_: Karnaval Si Gale-Gale, Toba Caldera World Music Festival, dan Festival Danau Toba

Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi Danau Toba yang meluncurkan 17 _event_ pariwisata berskala nasional dan internasional. “Danau Toba yang dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’ merupakan destinasi pariwisata berkelas dunia dan perlu dipromosikan ke seluruh dunia. “_Event_ atau atraksi menjadi unsur penting dalam pariwisata yang dikenal dengan 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) dan unsur 3A di Danau Toba berkembang pesat , di antaranya aksesibiltitas penerbangan internasional melalui Bandara Silangit Siborong-borong yang tiap tahun mendatangkan sekitar 200 ribu wisman sera  pengembangan infrastruktur jalur _outer ringroad_ dari Kualanamu menuju Toba

Menpar Arief Yahya menjelaskan, penyelenggaraan Toba Caldera World Music Festival 2019 yang akan berlangsung di Bukit Tarabunga, Balige, Kabupaten  Toba Samosir pada  14-16 Juni 2019 sebagai salah satu upaya mempromosikan  Danau Toba ke seluruh dunia sekaligus menyambut akan ditetapkannya Danau Toba sebagai  anggota dari Global Geoparks Network (GGN) UNESCO pada tahun mendatang. “Dengan menjadikan Danau Toba masuk dalam GGN akan memperkuat daya saing pariwisata di tingkat dunia,” kata Arief Yahya seraya mengatakan, _geopark_ menjadi daya tarik pariwisata unggulan Indonesia yang bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap kunjungan wisman yang tahun ini ditargetkan mencapai 20 juta wisman.

Launching_ Calender of Event Danau Toba 2019 juga dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural sekaligus penanggung jawab 100 CoE Wonderful Indonesia Esthy Reko Astuti, pejabat tinggi di lingkungan Kemenpar serta sejumlah bupati di kawasan sekitar Danau Toba. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Petra Sihombing,  grup musik Gondang dan penari tor-tor, serta  sajian kopi khas Sumut oleh barista Rama Michael.

Event pariwisata Danau Toba 2019 yang masuk dalam _Top-3 event_ diharapkan dapat mendatangkan lebih banyak kunjungan wisatawan. Ketiga _event_ unggulan tersebut yakni; Karnaval Si Gale-Gale  akan berlangsung di Kabupaten Samosir pada 8 Juni 2019; Toba Caldera World Music Festival 2019 di Bukit Tarabunga, Balige, Kabupaten Toba Samosir pada 14-16 Juni 2019; dan Festival Danau Toba di Kawasan Danau Toba pada  9-12 Desember 2019. Kunjungan wisatawan ke Danau Toba tahun 2016 sebanyak 10.305.972 wisnus dan  233.643 wisman, sedangkan tahun 2017 sebanyak 10.579.452 wisnus 270.792  wisman. Tahun 2018 sebanyak 231.465 wisman, sedangkan pada tahun 2019 ini ditargetkan akan ada 1.000.000 wisman yang berkunjung ke kawasan Danau Toba.

Sebagai wakil dari Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Polioteknik Pariwisata Medan, hadir 2 orang mahasiswa yaitu Ketua Genpi dan Ketua Harian Genpi Poltekpar Medan ikut berpartisipasi dalam Acara Launching Calenderev Of Event Danau Toba 2019, kaerna peran dari mahasiswa/i pariwisata akan mendukung dan mensukseskan event – event pariwisata yang akan dilaksanakan di Sumut.

About the author

humas editor

Humas | Kampus Politeknik Pariwisata Medan Gedung Rektorat Lantai 1